Cara Mencuci Kebaya Agar Tidak Rusak

Cara Mencuci Kebaya Agar Tidak Rusak


Cara mencuci kebaya agar tidak rusak -  Kebaya merupakan sebagai salah satu dari pakaian adat istiadat yang ada di Indonesia yang kini sering di gunakan sebagai pkaian dalam berbagai acara. Baik itu di dalam acara formal maupun di dalam acara informal. Perlu kita tahu bahwa kebaya ini terbuat dari bahan yang  berbeda, tentunya ini perlu untuk perawatan yang berbeda pula.

Cara Mencuci Kebaya Agar Tidak Rusak

Pakaian tradisional yang khas dari Indonesia ini memerlukan perawatan yang khusus dan Anda harus perhatikan supaya koleksi Anda tetap awet dan lebih tahan lama. Supaya Anda tidak menemukan kebaya yang berubah bentuk atau terlepas dengan manik-maniknya, maka Anda juga harus menyayangi koleksi ini dengan menggunakan perawatan ekstra.Tidak perlu untuk membayangkan perawatan yang super mahal, kebaya ini tidak memerlukan perawatan yang mahal jika Anda bisa menjaganya dengan baik-baik.

Tips mencuci Kebaya dengan mudah

Akan tetapi cara untuk membersihkan atau mencuci kebaya ini tidaklah mudah dan tidak segampang baju yang biasa dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan seperti kain brokat, lace, kemudian organdi maupun tulle.

Berikut beberapa cara mencuci kebaya yang benar : 

  1. Langkah yang pertama yaitu Anda jangan mencuci kebaya dengan menggunakan mesin cuci karena kebaya akan dapat langsung rusak, ini dikarenakan bahannya supaya bisa dengan mudah rusak jika sembarangan ini dimasukkan di dalam mesin cuci.
  2. Langkah yang kedua yaitu Anda jangan menggunakan sikat cuci pada saat mencuci kain kebaya, sebaiknya Anda hati-hati jika Anda ingin mencuci sendiri terutama pada kebaya dengan bahan brokat ataupun yang dihiasi dengan bordir dan payet. Jika terdapat noda yang tertinggal atau susah untuk dibersihkan Anda bisa memakai sikat gigi yang kecil atau dengan jari tangan untuk membersihkan pada nodanya dengan hati-hati supaaya Anda tidak merusak kain kebaya ataupun hiasanya. Kita bisa dengan hanya merendam kebaya tersebut di dalam air diterjen saja selama dalam beberapa menit, sekitar 8 sampai dengan 10 menitan, kemudian Anda bilas dengan menggunakan air bersih dan kemudian langsung dijemur pada tempat yang sejuk dan teduh, kemudian Anda hindari panas matahari langsung. Tidak perlu untuk Anda memakai pelembut pakaian karena ini bisa merusak serat dari pada kain kebaya itu sendiri.
  3. Selanjutnya yaitu jika sekiranya Anda mencuci kebaya sendiri memang terlalu sulit, sebaiknya Anda bisa memakai jasa laundry yang sudah berpengalaman dan juga memakai mesin dry cleaning supaya nanti terjaga hasilnya agar tetap bagus.
  4. Jika kebaya Anda tidak terlalu kotor, Anda bisa saja untuk mencuci kebaya sebanyak 3 atau 4 kali pemakaian saja, supaya baju kebaya ini tidak mudah rusak, terutama ini yang terbuat dari bahan kain sutra. Cukup Anda jemur saja ditempat yang agak redup dan sejuk, tanpa perlu Anda cuci dahulu. Kemudian Anda simpan di tempat yang kering dan kemudian Anda beri pewangi lemari pakaian atau kapur barus supaya kebaya Anda tidak rusak oleh hewan ngengat.

    Tips mencuci kebaya yang benar


Mencuci kebaya sangat perlu untuk Anda perhatikan, karena jika Anda salah memberlakukan kebaya dalam mencucinya bisa jadi kebaya Anda rusak. Nah tak maukan kebaya Anda rusak. Jika tidak mau cobalah untuk menerapkan seperti yang saya paparkan di atas. Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mencuci kebaya agar tidak rusak semoga informasi tersebut bermafaat untuk Anda semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencuci Kebaya Agar Tidak Rusak"

Posting Komentar