Cara Membersihkan Dan Merawat Akuarium

Cara Membersihkan Akuarium


Cara membersihkan akuarium -  Salah satu aspek penting dalam menjaga kualitas air aquarium agar tetap baik yaitu dengan membersihkannya dan melakukan penggantian air secara teratur. Untuk aquarium air tawar yang menggunakan tanaman sungguhan, penggantian air mingguan merupakan cara terbaik untuk mengganti elemen-elemen yang hilang.

Tips membersihkan dan merawat Aquarium 


Cara membersihkan aquarium

  1. Bersihkan kaca pada bagian dalamnya, Anda bisa melakukannya tanpa mengeluarkan airnya serta dapat memindahkan ikan terlebih dahulu, dalam hal ini sebaiknya Anda pakai spons yang biasanya di gunakan untuk membersihkan piring. Pakailah sisi yang memiliki sabut kasar untuk membersihkan lumut yang tumbuh dan Anda juga bisa memakai silet untuk membersihkannya.
  2. Setelah dalam ini sudah bersih maka saatnya Anda ganti air yang ada di dalam Aquarium. Jika air di dalam aquarium ini kerap di ganti10-20% saja maka ini tidak perlu di ganti rutinitas sudah cukup baik menjaga kebersihannya.
  3. Sedot air yang ada di aquarium  dengan memakai aalat penyedot air  aquarium. Maka dengan Anda memakai alat tersebut bisa menghemat tenaga untuk bisa mengeluarkan air yang akan Anda tukar. Nah jangan kemudian Anda mengeluarkan air dengan memakai gayung, ini bisa menyebabkan ikan menjadi strees.
  4. Cara membersihkan akuarium selanjutnya yaitu setelah air dalam aquarium ini menyusut maka Waktunya untuk Anda bersihkan dasar aquariumnya, dari sisa maupun kotoran-kotoran ikan yang ada. Dalm menyedornya Anda Berikan jarak sekitar 2, 5 cm agar  pasirnya tidak sampai ikut tersedot.
  5. Jika terdapat hiasan atau dekorasi, ini sebaiknya Anda mengeluarkan dekorasi ini untuk dibikin bersih. Umumnya untuk hiasan dekorasi ini juga ditumbuhi dengan lumut dan juga ganggang. Anda pakai sikat gigi dari  sisa yang berbulu lembut untuk dapat membersihkannya. Jika Anda akan memakai sabun untuk Anda gunakan dalam membersihkannya, maka yakinkan supaya Anda mencuci benda-benda itu agar sampai tak ada bekas sabun pada saat sebelum hiasan dekorasi Anda masukan kembali ke dalam akuarium.
  6. Jika Sisi di dalam akuarium ini sudah bersih. Nah langkah selanjutnya Anda memberikan air bersih ke dalam akuarium. Anda disini bisa untuk memakai air dengan keran ataupun dengan air sumur untuk mengisi akuarium. Akan tetapi memakai air keran atau air sumur sebenarnya kurang disarankan, karena ini pada sebagian masalah air yang dari sumber itu memiliki kandungan logam berat ataupun dengan toksin yang beresiko untuk ikan. Perlu Anda ketahui bahwa Air yang paling baik di gunakan untuk ganti air akuarium air tawar yaitu adalah air paket yang datang dari mata air dan tanpa ada lewat sistem pemurnian.
  7. Kemudian selanjutnya yaitu dengan membersihkanbagian-bagian luar dari akuarium, seperti contohnya pada kaca akuarium, kemudian lampu, penutup pada akuarium, serta kemudian dengan filter akuarium ataupun dengan kartrij penyaring. Untuk kaca, kemudian lampu dan juga  penutup akuarium, Anda bisa untuk memakai air bersih umum ataupun dengan menggunakan kombinasi air dengan cuka putih untuk Anda menyekanya. Sedangkan untuk filter serta kartrij penyaringan dapat dibikin dengan bersih pada tiap-tiap minggu dengan cara membilasnya. Kartrij penyaringan ini dapat untuk Anda ubah satu bulan sekali dan ini bermanfaat melindungi air di dalam akuarium supaya terus bersih.

Membersihkan Aquarium yang benar

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membersihkan akuarium, semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa membantu Anda dalam membersihkan aquarium yang Anda miliki, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Dan Merawat Akuarium"

Posting Komentar